Newborn Musthaves (Punya bayi, wajib punya alat perang ini!)

October 17, 2019


Hi peeps!

For months tho, finally I can get back to wherever I ever started my blog for. This felt really ugly that I have to do this when things gone south (I'm having bedrest and homealone) so I guess this idea to post about my Newborn Musthaves, is the best option I can choose, at this point, so bear with me 😄

Setelah melahirkan si kakak –tahun 2016 silam, sejujurnya saya dan suami menghabiskan budget yang lumayan boros untuk beli peralatan perangnya(saking overhwhelming nya baru punya bayi), berujung banyak juga barang yang nggak kepake dan malah kita preloved-in di tokopedia karena lack of use nya. Tapi kali ini kita nggak akan bahas what I regret purchasing ya, kita bakalan bahas Newborn Musthaves, hasil belajar dari punya anak pertama. hehe, mereka bilang, anak pertama adalah anak dengan pengeluaran paling mahal? hmm, kita kurang setuju.
Punya pengalaman salah salah belanja waktu lahiran anak pertama ternyata lumayan menantang dompet waktu hamil anak kedua. Coba kita lihat apa aja yang menurutku essential ya, dan harga nya.

Keep in mind :
Barang-barang dibawah ini adalah hasil beli sendiri dan tidak di endorse oleh pihak manapun. Postingan ini murni sharing informasi dan di review sejujur-jujurnya.


Jangan lupa, mereka newborn. Baru lahir, baru nongol, baru aja keluar, kecil, mungil. Jangan boros dulu buat anak bayi ukuran (appx.) 50 cm, tenang! Calm your mind, moms!
Ini harus saya tegaskan di blog karena ternyata kenyataan ini yang sering ibu-ibu lupakan. Seolah si anak tiba-tiba udah bisa manjat-manjat, sehingga belanja baby-gym masuk dalam list budgeting "punya anak" 😅
Tenang, kita ngalamin ini juga kok. Jangankan baby-gym, sampe food-processor nya aja udah kebeli sebelum anak nya lahir, gimana coba ngga boros dompetnya 😭

Nah menghindari kebodohan(emotional-purchasing-emotional-onlineshoping, atau apapun itu)-lah diadakannya postingan ini, semoga bermanfaat buat baca-baca bagi new parent diluaran sana agar budgetnya fokus! Inshallah ya.

Ya poin pertama, inget dulu kalau bayi nya gitu lahir kecil dan helpless. Tentunya masih sangat bergantung sama care provider nya(Ibu kandung nya) dan nggak butuh banyak alat perang banget kok, dan budgetnya bisa di shrink down, asal si parent mau logis dulu nerima kenyataan kalo anak bayi nya kerjaannya, kalo nggak nangis, tidur, nyusu, dan berkotor-kotoran 😄Dari sini aja sebenernya udah ketebak apa aja yang kita perluin, kan?


1. SLEEPERS

Let's face it! Newborn, all they're doing is sleeping, so they need sleepers than enyone ever! Foto diatas menunjukan kesungguhan kita investasi ke sleepers ini sampe kebeli 2x model yang sama di Ginger Snaps saking butuhnya kita sama sleepers hahaha(untung size nya beda). Awalnya, udah lah nggak usah, mahal! Boros, bentar juga cepet gede anaknya! Bener nggak? Nope. I have to list them above my every list, karena ini penyesalan kita diawal waktu melahirkan Neymar. Kita terlalu fokus beli baju-baju newborn yang lucu-lucu(lucunya gila nggak ketahan) dan mahalnya juga sama aja sih ya😭yang ujung-ujungnya kita jualin tanpa tag dibuka karena bener-bener nggak kepake! Hampir sama sekali. Coba kira-kira dihitung berapa kali newborn bakalan keluar rumah mak? Maksimal 3x selama 3 bulan kalau anak di imunisasi, atau ibu ada kontrol D&C untuk pembersihan rahim, bener nggak? Selama 3 bulan itu anak membesar macam cotton candy, dan baju2 mahal siap dibuang! Yep. So don't shop over whats you're baby isn't wearing.

Terutama sleepers dengan zipper kaya diatas ini bener-bener surganya sagala sleepers, dan kayaknya emak-emak butuh banget! Saya bahkan bisa makein bayi pakai sleepers zipper macam gini dalam keadaan gelap gulita sangking gampangnya, tuck and go–banget! bener-bener worth the price, functionality, dan pastikan pilih bahannya yang nggak mudah stain dan nggak terlalu tebel. I have to hands down to Carter's sleepers, karena terbukti bahannya selalu nyaman dan ngga gampang stain (mudah dibersihkan).




2. BURP NAPKINS

Reflux! Bayi merah sering banget ngalamin reflux(dan gumoh –bahasa desa nya). Punya lap berbahan muslin kaya gini ternyata penting banget. Ukurannya cuma 20x20cm dan bahannya 100% Cotton, untuk yang mau beli versi murah nya dari Aden & Anais, bisa coba muslin produksinya Little Palmerhaus. Bahannya nggak jauh beda kok, harganya sangat drastis ya pastinya. Harga nya hanya IDR 80.000/pack, isinya 5 pcs. Kenapa sih muslin? Awalnya sempet nanya juga, eh sekarang ngerti. Karena cotton 100% berarti aman banget buat newborn, dan nggak butuh beli berlusin2 karena muslin ini siram air, kucek, jemur sejam juga udah kering kok kalo mommy sekalian tinggal endonesa tercinta. Jadi kita memutuskan beli 1 pack aja udah cukup!

3. BLANKET

Bukan prioritas utama kalo yang udah punya anak pertama karena ya–pasti udah punya kan? Terutama karena Neymar dulu sering banget di endorse sama beberapa brand selimut, sampe sekarang total selimut Neymar yang kepake ada 3 buah (Not so much buat mommy2 sekalian, tapi buat saya ini berlebihan sekali!) Kami masing-masing hanya boleh punya 1 barang yang fungsinya satu. Dan wajib berkomitmen untuk cuci kering pake secepat kilat kalau ada kejadian tumpah/kotor. Dan baru nyadar kalau semua selimut Neymar nggak breathable alias lumayan engep kalo dipake selain untuk tidur diruangan ber-AC. Sengaja kita beli lagi yang knitted dengan alasan breathable. Selimut ini merknya CribCot Bohemian belinya di Official Store Cribcott di Tokopedia, harganya : IDR 375.000 ukuran nya 100x100cm.

4. MUSLIN SWADDLE

Hands down, kita dedikasikan swaddle terbaik sepanjang masa sejarah parenting ini kepada ahlinya Aden & Anais Muslin Swaddle, tenang. Ini rada mahal, tapi jangan khawatir karena harga sama kualitas nya sebanding! Kita cuma budgetin beli 2 packs dengan alesan karena my babies loves to be swaddled. Padahal masih inget banget dulu mama saya kalo beli swaddle tuh nggak pake rahang kali ya, belinya sekaligus 3 lusin! Lusin lho! 12 biji lu kali 3 :(
Segitunya dedikasi si emak buat adek2 saya dulu supaya di bedong alesanya takut badannya bengkok lah, apa lah, anaknya ngerasa insecure lah, dan sebagainya... padahal to be frankly, since Neymar tho, yang jelas-jelas anaknya suka banget di bedong, cuma butuh 5 biji. Plus nya sih, bahannya muslin! Gampang dicuci, kering sekejap! Say goodbye to kantong bolong belanja berlusin2 kain bedong nu gusti :(

5. WATERPROOF MATT

Masih inget perlak berbahan plastik yang timbul-timbul berangin nggak jelas, bolak balik harganya 300rebuan, disimpen tiba-tiba ngelengket, dan timbul2 nya membolong(menjijikan af), dan meskipun dicuci bau nya masih sangat menyengat, dan setiap kali gantiin si baby harus pura-pura nerima kenyataan pahit itu? Yep, been there too! 
Alhamdulillah kita hidup di jaman yang upgrade itu rada cepet dari sebelumnya. Dengan hadirnya Little Palmerhause Wonderpad ini life never been easier 😭bahannya ya, waterproof 100% no leak, permukaannya tuh yang lembut banget. Harus wajib punya sih, jangan menolak opini ini guys, karena kita semenyesal itu punya perlak tradisional kaya yang dulu 🤣 Harganya? IDR 60.000/matt. Kita sementara punya 2 dan let's see kalau kemudian hari butuh lebih. Sejauh ini bener-bener comfy dipake bahkan bisa dibawa-bawa karena saking tipisnya.

6. BABY WRAP

Nah sebenernya ini ada di perdebatan dikalangan ibu-ibu tradisional versus ibu-ibu yang rada cemen gendong bayi kaya saya 😁Sejujurnya, kita punya segala jenis kain gendong waktu Neymar lahir, sebagian beli pake uang sendiri, sisanya kado dari orang terdekat. Jarik lah, Baby Wrap(yang 1 kain panjang 2 meter terus di wrapping ke badan), i-Angel Hipseat + newborn insert, Ergo baby newborn(sold), dan My baby pouch –buat sehari-hari(usia 6-24 mo).
Bedanya kali ini kita beli lagi Baby K'tan karena... Sepertinya butuh di upgrade, berhubung semua gendongan Neymar dulu yang kita rencana masih pake sampai anak kedua dan seterusnya hanya hipseat aja, sisanya mau kita sedekahin ke orang lain. Pilihan kita cuma mau investasi ke Baby K'tan ini karena, man bahannya breathable, dan bisa dipake buat gendong 5 posisi 😭nangis kalo nggak punya. Karena udah pindah ke kota yang lebih PUWANAS dari bandung, kita akhirnya memutuskan untuk beli Baby K'tan ini yang model Breeze, karena summer-friendly banget. Rada menyesal karena belinya warna item, padahal kepengennya yang charcoal. Harganya IDR 898.000 belinya di Babyzania.




7. TOILETRIES

I don't know about you guys, but I water-shower my newborn and always making sure that they're clean and fresh -although not too clean, and protected since day one! Pendapat ini sering di tentang ya ternyata sama banyak kalangan ibu-ibu dengan lingkungan tertentu. Ada yang nggak setuju newborn mandi sejak day 1! Dan ada juga yang setuju newborn mandi sejak day 1 asal pake air kurasan beras(ini oke banget sih buat kita, kita setuju banget cara mandi ini super bersih). Tapi Mustela Newborn adalah satu-satunya produk yang kita nggak mau ganti untuk newborn-newborn kita selanjutnya sejak Neymar pake ini karena... I would recommend the best, and only the best, cuma ini satu-satunya produk yang paling care sama newborn. Bear with me!
Jujur aja saya hati-hati banget pake produk mandi untuk bayi karena suami beriwayat Escema (EKSIM) jadilah kita kudu hati2 dan ngantisipasi dari sejak si bayi lahir. Rada panik sih kalo bayi tiba-tiba merah bentol di muka, karena takutnya escema yakan, tapi facial cream nya mustela bener-bener ajib buat ngilangin merah-merah nya dalam beberapa jam aja. Yah intinya sesuka itu sama semua produk mustela for newborns.


8. BREAST PUMP

If you want to know my journey through breastpumping with my firstborn, then it would be whole different story. Karena waktu pertamakali punya breast pump, kita sampe punya 2! Literally. Manual dan Matic. gak tau juga apa yang kita pikirin sehingga budget abis-abisan begitu, hehe. Breastpump pertama saya merk nya Tomee Tipee yang Matic dan ini asli nggak recomended banget, karena yang pertama dia cuma single pump, kinerjanya menyakitkan puting dan berisik! Asli berisik banget. Bunyinya sempet bikin rada trauma karena setiap mompa kesakitan, belum lagi nggak handsfree dan kadang waktu tidur kepake banget buat megangin pompaan. Nyesel abis-abisan beli breastpump ini sampe nggak tega ngejual karena kasian banget mommy yang bakal pake pump ini kedepannya, hehe. Meskipun begitu, bersyukur tetep punya pump karena penting banget! Selain itu saya punya manual pump Dr. Browns. Hands down ini satu-satunya pump manual yang paling nyaman dan nggak bikin sakit. Hampir nggak ngerasain apa-apa sampe LDR tiba. Buat mommy sekalian yang berencana beli pump manual saya merekomendasikan banget Dr. browns ini. Harganya 850.000 waktu itu kita beli di Mothercare TSM Bandung.


Alhamdulillah diberi rezeki anak kedua, bersamaan dengan rezeki breast pump baru. Spectra S1 Plus. Hospital grade punya dan ini rechargeable! Bentuknya lumayan besar dan berat, dengan kelebihan utama ada dibagian setting nya. Kita bisa setting mulai dari mini massage, suckling motion sampai suckling level. Mashallah bersyukurnya ada breastpump Hospital Grade yang dijual dipasaran 😇

Kurang searching juga, seingetku Spectra ini produk Korea yang ramah budget. (meskipun rada mahal dari budget breast pump lain di pasaran ya). Harganya IDR 3,400.000. Tenang! Jangan panik, breastpump ini doble pump ya, jadi bisa pumping sekaligus di 2 PD. Unggul banget buat ibu-ibu pekerja kaya saya.

Selain itu, Spectra punya aksesoris Handsfree cup pump yang bisa di applied di mesin pumping nya. Terkesan nambah banyakan sih karena harus bayar lebih IDR 500.000 untuk tambahan Handsfree cup pump nya. Tapi worth the price so far, karena bisa mompa tanpa ribet megang botol sana sini. Bisa mompa sambil ngetik blog kaya gini (TBH I'm doing it just about now, hehe) 


Oke oke, pertanyaan paling sering ditanya goes to : Vin, lo ngapain pumping sih, bukannya lo stay home mom ya? Kenapa nggak direct feeding aja?


Yap betul sekali, saya seorang Stay home mom ya(wah bangganya). Dan saya juga direct feeding, Alhamdulillahnya.

Tapi kebutuhan pumping memang dipusatkan untuk :
1. Establishing supply & demand breast milk. Karena niatnya mau exlusively feeding sampai usia 2 tahun sejak dini saya harus membiasakan pumping untuk menjaga supply tetap seimbang. Memang supply air susu ibu akan mengikuti kebutuhan bayi nya, tapi  biasanya di awal pasca melahirkan supply masih tergolong mini, dan jaga-jaga kalau-kalau ada kejadian bayi kuning yang mengharuskan si bayi di Phototeraphy, sehingga kebutuhan nyusunya biasanya meningkat 2x lipat ketika proses Phototeraphy ini. (Yok google!)

2. Cadangan ketika ibu sakit. Nah ini terbukti! Pasca lahiran mendadak saya biduran sekujur tubuh dan harus di suntik obat oleh dokter didekat rumah. Obat ini mengharuskan saya tidur paling minim 6 jam agar bereaksi sesuai ekspektasi dan biduran membaik, di 6 jam ini nggak mungkin saya menyusui bayi saya, ditambah si dokter pesan waktu minum obat usahakan tidak menyusui selama 2 jam. Kondisi ini tidak menghawatirkan karena kami punya cadangan ASIP, jadi si bayi tetap bisa minum saat dia laper kapanpun itu.


3. Cadangan ketika berpergian.

4. Bisa di donorkan untuk mommy dengan bayi seumuran yang membutuhkan. (Tenang, saya medically checked untuk donor karena oversupply dan saya orangnya tergolong yang makan apa-apa selalu di kontrol harus sehat, none-dairy, non-additive, dan nggak jajan-jajan sembarangan macam fast food selama menyusui, inshallah ASI saya sehat 😁)

Dan yang paling penting...

5. Colostrum Bank!

Nah taukan kalau pasca lahiran colostrum pada ASI pada masa paling kental mengandung zat antibody paling pekat dan bisa berguna banget untuk bayi ketika (mendadak) flu, atau panas. Ini ilmu yang saya paling bersyukur ngerti dari punya anak nomer 1. Semisal anak mendadak panas, macam punya ramuan khusus di freezer tau nggak si? 😂Langsung minumin ASI dengan tanggal paling deket tanggal lahir. Inshallah cara ini manjur banget.

Tuh kan postingannya melenceng kemana-mana?! Duh.




Oke segitu dulu. Sebenernya masih banyak musthaves lainnya. Tapi berhubung udah berceceran dimana-mana, semisal Grooming Kit nya Mothercare, yang smart banget, ini penting. Kapan-kapan saya share Musthaves Part II deh yah!
Semoga bermanfaat postingan kali ini, kalo ada pertanyaan langsung aja ke kolom dibawah atau ke Instagram saya disini!

Terimakasih sudah menyempatkan hadir di blog saya yang biasa ini! See ya in another post, Loves!

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Contact Form

Name

Email *

Message *

Instagram

Follow Us